Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman matematis siswa kelas XI dI SMK Negeri 2 Padangsidimpuan

Hasibuan, Maulana Habibi (2020) Pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman matematis siswa kelas XI dI SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa disebabkan model yang digunakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran matematika. Siswa hanya menggunakan teknik menghapal rumus yang sudah ada akan tetapi tidak dengan memahami konsep dalam penurunan rumus. Sehingga ketika peserta didik dihadapkan pada permasalahan yang sedikit berbeda dari contoh, mereka cenderung tidak dapat menyelesaikannya. Rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model Problem Based Learning terhadap pemahaman matematis siswa kelas XI SMK N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap pemahaman matematis siswa kelas XI SMK N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Non Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 321 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 40 siswa. Sampel di kelas eksperimen yang diberi perlakuan 21 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 19 siswa. Pengelolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 2,358 > ttabel = 2,024, maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman matematis siswa kelas XI SMK N 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based Learning; Pemahaman Matematis
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:03
Last Modified: 10 Jul 2020 08:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2897

Actions (login required)

View Item View Item