Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui tutor sebaya pada materi trigonometri di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok Tapanuli Selatan

Siregar, Riska Hotmaida (2019) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui tutor sebaya pada materi trigonometri di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran di dalam kelas. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih konvensional, dan menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dapat digunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya yang mengharuskan siswa lebih aktif, kritis selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Trigonometri dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok. Melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya diharapkan pembelajaran lebih aktif dan bermakna bagi siswa sihingga pada akhirnya akan mampu memberikan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan ialah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan 2 siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan Refleksi (Reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIA-3 MAN Sipirok tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Tutor Sebaya yang dilakukan mampu memperoleh peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok bahasan Trigonometri di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok pada setiap siklus peningkatan keterampilan berpikir kritis terjadi pada keseluruhann berpikir kritis, sehingga diperoleh hasil peningkatan berpikir kritis siswa dari siklus I pertemuan I dari 51,35% menjadi 62,16% siklus I pertemuan II dan siklus II pertemuan I dari 75,68% menjadi 86,48% siklus II pertemuan II. Dengan demikian keterampilan berpikir kritis siswa di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok yang dicapai melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya sudah mencapai persentase paling tinggi dalam penelitian ini yaitu 86,48%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir kritis; Tutor sebaya; Trigonometri
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 30 Jun 2020 08:11
Last Modified: 30 Jun 2020 08:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item