Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di Madrasah Tsanawiyah Mardiah Islamiyah Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Yahya, Yahdina (2019) Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di Madrasah Tsanawiyah Mardiah Islamiyah Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, bahwa yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Mardiyah Islamiyah Panyabungan masih jauh dari yang diharapkan. Masih banyak pembelajaran yang hanya berpusat kepada guru saja, sementara siswa hanya menerima pembelajaran. Proses pembelajaran yang kurang dapat dilihat dari kkm yaitu 80 dengan indikator keberhasilan 75% dari 34 masih 19 siswa yang mendapat nilai mencapai 80 sementara yang belum tuntas sejumlah 15 siswa. Dalam rangka mengingkatkan hasil belajar siswa penulis melakukan penelitian yang berjudul “Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)DalamMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli di Madrasah Tsanawiyah Mardiyah Islamiyah Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di Madrasah Tsanawiyah Mardiyah Islamiyah Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui pendekatan CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di Madrasah Tsanawiyah Mardyiah Islamiyah Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas.Proses pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran CTL. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap, yaitu planning, acting, observing, dan reflecting sampai tercapainya yang diharapkan. Subjek penelitian ini adalah kelas IX Madrasah Tsanawiyah Mardiah Islamiyah Panyabungan. Instrumen penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTLdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di Madrasah Tsanawiyah Mardiyah Islamiyah di Panyabungan. Hal ini dapat dilihat dari upaya yang dilakukan oleh guru disetiap siklusnya. Persentase nilai rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata pra penelitian sebesar77,05 menjadi82,02. Dapat disimpulakan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di Madrasah TsanawiyahMardiyah Islamiyahi Panyabngan Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL; Hasil belajar dan PTK
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 01 Jul 2020 01:35
Last Modified: 01 Jul 2020 01:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2868

Actions (login required)

View Item View Item