Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi sosial guru pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Putri Salju (2019) Kompetensi sosial guru pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelian ini adalah dari kurangnya interaksi antara sesama guru, guru dengan peserta didik, guru dengan orang tua peserta didik. Sebagimana kompetensi sosial harus dimiliki oleh setiap gurut erutama guru pendidikan agama Islam. Sama halnya dengan guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat yang harus mampu menerapkan kompetensi sosialnya di lingkungan sekolah maupun di lua lingkungan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat,dan apa saja upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi sosial di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat serta apakah kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi sosial di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat. Maka tujuannya Untuk mengetahui gambaran kompetensi guru Pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat dan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi sosial di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi sosial di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat. Metodologi penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif, metode yang berusaha menggambarkan atau mendiskripsikan objek sesuai dengan adanya. Instrumen pengumpulan data digunakan observasi dan wawancara tidak terstruktur. Adapun respon den dalam penelitian ini guru pendidikan agama Islam, peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat orang tua peserta didik, kepala sekolah dan guru-guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat. Hasil penelitian ini adalah bahwa kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simangambat yaitu dapat berinteraksi dengan pesertadidik, sesama guru, dan orang tuapesertadidikmemilikihubungan yang dekat dengan menjalin kompetensi, saling membantu, menasehati dan membuat team kerjasama yang baik dalam menjalankan kebijakan-kebijakan sekolah, membudayakan sikap ramahtamah, membiasakan memberi dan menerima maaf, merayakan hari Islam, halal bi halal serta mengadakan diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru pendidikan agama Islam; KompetensiSosial
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 01 Jul 2020 01:44
Last Modified: 01 Jul 2020 01:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item