Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi akhlak tercela di kelas VII MTs NU Batahan

Ummah, Mariatul (2019) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi akhlak tercela di kelas VII MTs NU Batahan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Lembar Kerja Siswa merupakan sarana bagi peserta didik dalam memahami dan mempelajari suatu materi karena memuat berbagai materi dan petunjuk tugas yang dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik. Oleh karena itu keberadaan Lembar Kerja Siswa dalam suatu kegiatan pembelajaran sangat penting untuk dijadikan umpan balik berupa hasil belajar siswa yang optimal. Akan tetapi, fakta yang ditemukan di sekolah ternyata guru masih menggunakan cara mengajar konvesional yakni pembelajaran yang berpusat pada guru. Sehingga tidak memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan Lembar Kerja Siswa untuk membantu peserta didik belajar secara mandiri dengan memahami materi dan mengaitkan materi tersebut dengan permasalahan kehidupan sehari-hari.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas Lembar Kerja Siswa berbasis kontekstual pada materi akhlak tercela di kelas VII MTs NU Batahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis kontekstual dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yakni: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Batahan dengan subyek ujicoba kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis kontekstual yang dikembangkan dinyatakan memenuhi aspek validitas, hal ini dibuktikan dengan skor validasi sebesar 91 kategori sangat valid. Sedangkan aspek praktikalitas diketahui berdasarkan respon siswa melalui angket yang disebarkan kepada peserta didik dengan skor 83 dengan kategori sangat praktis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar kerja siswa; Pembelajaran kontekstual; Akhlak tercela
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:11
Last Modified: 01 Jul 2020 02:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item