Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa subjek dua variabel sistem persamaan linear di kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Batang Angkola

Jubaidah, Sri (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa subjek dua variabel sistem persamaan linear di kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 4 Batang Angkola menunjukkan masih banyak yang kurang mampu menyelesaikan masalah, hampir semua mata pelajaran matematika sulit bagi siswa tanpa kecuali mata pelajaran SPLDV. Selain itu, hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung monoton, dan kurang memotivasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pelajaran SPLDV dan bagaimana proses peningkatan hasil belajar siswa sistem materi pelajaran dua persamaan linear di kelas VIII -2 SMP Negeri 4 Batang Angkola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada sistem mata pelajaran persamaan linear dua variabel kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Batang Angkola dan untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Batang Angkola Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Batang Angkola dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 31 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima. peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran SPLDV kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Batang Angkola pada siklus 1 diperoleh persentase rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas 1 dan 1. Pertemuan ke 2, persentase ketuntasan klasikal siswa masing-masing 54,84% dan 64,52% masing-masing, sedangkan pada siklus 2 yaitu pada pertemuan ke 1 dan ke 2, persentase ketuntasan klasikal siswa sebanyak 74,19% dan 80,64%. Dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini telah mencapai harapan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Number heads together; hasil belajar; SPLDV
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:25
Last Modified: 30 Jun 2020 04:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item