Suaibah, Suaibah (2019) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual pada materi akhlak terpuji di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00147.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa salah satu penyebabnya karena guru tidak menyediakan bahan ajar yang memadai. Di antaranya adalah lembar kerja siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas berupa pengembangan LKS berbasis kontekstual. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalalah bagaimana validitas dan praktikalitas LKS dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada materi akhlak terpuji berbasis kontekstual di MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada materi akhlak terpuji berbasis kontekstual di MTsN 2 Padangsidimpuan. Lembar Kerja Siswa adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan siswa yang berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Pendekatan Kontekstual adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII-5 berjumlah 42 siswa. Pada instrumen penelitian dilakukan tahap validasi. Validator memberikan penilaian terhadap tingkat kevalidan LKS, sedangkan siswa menilai tingkat kepraktisan LKS berbasis kontekstual yang dikembangakan oleh peneliti. Hasil penelitian yang didapatkan adalah LKS berbasis kontekstual yang dikembangkan dapat dinyatakan valid dan praktis. Proses validasi LKS divalidasi oleh tiga validator yaitu validator pertama mendapatkan persentase 95,94% , validator kedua mendapatkan persentase 97,27% dan validator ketiga mendapatkan persentase 97,27% dengan rata-rata persentase 95% dengan kategori “Sangat Valid”. Sementara aspek praktikalitas berdasarkan angket yang diberikan diperoleh hasil yaitu aspek ketertarikan (90%), materi (71%), motivasi (85%), dan kepraktisan (86%). Persentase rata-rata aspek praktikalitas adalah 83,2% dengan kategori “Sangat Praktis. Dengan demikian LKS hasil pengembangan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa MTs kelas VIII
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS); akhlak terpuji; dan kontekstual |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 02:20 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 02:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2864 |
Actions (login required)
View Item |