Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan hasil belajar menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII MTs.N Batang Angkola

Fauziah, Fauziah (2018) Perbandingan hasil belajar menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitia ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Fungsi siswa kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara Menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di Kelas VIII MTs.N Batan Angkola Berdasarkan rumusan masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di Kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.N Batang Angkola yang berjumlah 192 orang, yang terdiri dari 5 kelas yaitu VIII1, VIII2, VIII3, VIII4, dan VIII5. Sedangkan sampel terdiri dari 2 kelas dengan teknik sampel secara Cluster Sampling yaitu kelas eksprimen VIII2 dan kelas eksprimen VIII5 dengan jumlah siswa masing-masing 40 dan 38 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji F dan uji t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan berdasarkan nilai mean kedua model ini mempunyai perbedaan. Mean untuk kelas eksprimen dengan pendekatan contekstual teaching and learning (CTL) 63,8, sedangkan untuk kelas eksprimen dengan perlakuan pendekatan pendidikan matematika realistik 62,23. Tetapi setelah perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 0,760, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,98, sehingga didapatkan thitung < ttabel (0,760 < 1,98) artinya hipotesis yang diterima adalah H0 yaitu tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas eksprimen menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII MTs.N Batang Angkola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Matematika; pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:38
Last Modified: 30 Jun 2020 07:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item