Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel melalui problem based instruction (PBI) pada siswa kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan

Siregar, Unggul Fahmi (2018) Peningkatan hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel melalui problem based instruction (PBI) pada siswa kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel siswa. Hal ini disebabkan siswa masih kurang mampu membuat model matematika dari soal-soal cerita dan ketidaklengkapan pengetahuan, pola pembelajaran masih lebih didominasi oleh guru. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran problem based instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan tahun ajaran 2016/2017 terdiri dari 22 siswa dengan 7 siswa lai-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal jumlah siswa yang tuntas yaitu 7 siswa dengan persentase ketuntasan 31,81%. Setelah dilaksanakan penerapan model pembelajaran problem based instruction terjadi peningkatan hasil bealajar siswa pada setiap pertemuan. Pada tes pertemuan-1 Siklus I jumlah siswa yang tuntas 10 siswa dengan persentase ketuntasan 45,45%. Kemudian pada pertemuan-2 meningkat menjadi 12 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 54,54%. Setelah dilakukan Siklus II pada pertemuan-1 jumlah siswa yang tuntas 14 siswa dengan persentase ketuntasan 63,63% dan pada pertemuan-2 meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 986,36%. Hal tersebut menunjukkan jumlah siswa yang tuntas telah melebihi setengah dari jumlah siswa seluruhnya yang artinya target pencapaian pada penelitian ini telah diperoleh yaitu paling sedikit 80% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII MTsYPKS Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model problem based instruction; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:33
Last Modified: 30 Jun 2020 07:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item