Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika di SD Negeri 101116 Desa Bange Kecamatan Sayur Matinggi

Marbun, Daimi (2016) Implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika di SD Negeri 101116 Desa Bange Kecamatan Sayur Matinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika di SD Negeri 101116 Bange Kecamatan Sayur Matinggi karena masih ada guru yang sulit untuk menerapkan pembelajaran tematik pada pembelajaran matematika dan masih ada guru yang belum menguasai atau memahami pembelajaran tematik integratif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika, dan apa kendala yang dihadapi oleh guru, dan apa upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran tematik pada pembelajaran matematika. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang dilakukan adalah sumber data primer dan sekunder. Maka yang menjadi sumber data primer adalah guru kelas 1, 2 dan 3. Sedangkan yang menjadi sumber data sekunder adalah kepala sekolah dan siswa kelas 2 dan 3. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran tematik pada pembelajaran matematika di SD Negeri 101116 Bange terlaksana meskipun belum maksimal, hal ini karena masih sering berjalan secara semi tematik dan terkadang pelaksanaannya masih secara konvesional karena masih sering terjadi pelaksanaan pembelajaran secara permata pelajaran, dan kendala yang dihadapi guru yaitu membuat RPP terkadang masih sulit dalam menjabarkan tema pembelajaran yang memasukkan berbagai materi mata pelajaran kedalam satu tema dan waktu yang sedikit akan sulit bagi guru untuk merumuskan berbagai mata pelajaran dalam satu tema apalagi pada pembelajaran matematika begitu juga sarana prasarana yang sangat minim, dan upaya yang dilakukan guru adalah mengikuti bimbingan teknis pembelajaran tematik yang dilakukan oleh dinas pendidikan setempat, yaitu dinas pendidikan kabupaten tapanuli selatan, dan guru juga menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan banyak metode dalam pembelajaran dan membuat tema dengan mengaitkan pembelajaran yang satu dengan pembelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran; tematik-integratif
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:20
Last Modified: 30 Jun 2020 04:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2851

Actions (login required)

View Item View Item