Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap

Hasibuan, Ummi (2018) Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran Matematika di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap menunjukkan masih banyak siswa yang kurang aktif, kurang memperhatikan, kurang memahami dan kurang berminat dalam belajar Matematika. Inilah di antara penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu solusinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray (dua tinggal dua tamu), dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2016-2017 yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 22 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran two stay two stray pada siklus I pertemuan ke-I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah yaitu rata-rata kelas 67,27 kemudian pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 73,8 Peningkatan ini masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga penelitian ini harus dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-1, hasil belajar siswa menjadi 80,6. Kemudian pada pertemuan ke-2 yaitu 82,5. Sedangkan hasil tes pada siklus I pertemuan ke-1 dengan ketuntasan klasikal 41%, pertemuan ke-2 meningkat yaitu 55%. Dan pada siklus II pertemuan ke-1 dengan ketuntasan klasikal 68% Meningkat pada pertemuan ke-2 yaitu 86%. Berdasarkan hasil observasi dan tes dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran two stay two stray berhasil dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Dengan demikian hipotesis tindakan diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: two stay two stray; hasil belajar siswa; faktorisasi suku aljabar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 30 Jun 2020 08:58
Last Modified: 30 Jun 2020 08:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item