Harahap, Winda Aidil Fatmah (2019) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini kreativitas guru merupakan hal yang penting dalam pembelajaran dan bahkan menjadi pintu masuk dalam upaya meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Guru dalam Islam adalah sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap perkembangan anak didik yang mengajarkan ajaran Islam untuk mengubah tingkah laku individu sesuai dengan ajaran Islam dan membentuk kepribadian muslim yang berakhlak. Berdasarkan studi pendahuluan, dalam proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam yang terkait dalam pencapaian ranah afektif masih rendah. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Dalam kaitannya dengan kreativitas meningkatkan ranah afektif siswa, guru harus memiliki strategi dan metode dalam penyampaian materi pembelajaran agar siswa minat dalam belajar, memiliki sikap yang baik dan dapat termotivasi menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Metodologi penelitian ini adalah tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan berlokasi di Jl. Kenanga Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Jenis dan metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, siswa kelas IX 1, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Teknik penjaminan keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian yang dilakukan adalah kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan yaitu mengutamakan kebersihan, berdoa sebelum belajar, memberi motivasi, menjadi contoh teladan, menggunakan contoh dan ilustrasi, memberi penguatan, metode praktis dan pola pembiasaan. Dan hambatan dalam melakukan kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan yaitu latar belakang keluarga, lingkungan, tingkat kemampuan siswa serta sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A. |
Keywords: | Kreativitas Guru; Guru PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 01:30 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 01:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2838 |
Actions (login required)
View Item |