Hadi, Ilham (2018) Implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam internalisasi nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1623100128.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Bangsa Indonesia adalah negara yang besar dengan masyarakat yang majemuk dan beragam, baik dari segi etnis, budaya, bahasa, bahkan agama. Perlu disahuti kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pendidikan multikultural. Keberagaman dan kemajemukan dapat disatukan menjadi persaudaraan yang kokoh yang saling melengkapi satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dalam pembinaan belajar hidup dalam perbedaan, untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dalam pembinaan menjunjung tinggi sikap saling menghargai, dan untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan agama Islam tentang pembinaan keterbukaan dalam berfikir di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Teknik analisis data dilakukan melalui mengadakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dalam pembinaan belajar hidup dalam perbedaan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan, guru pendidikan agama Islam menjelaskan materi pelajaran dengan memberikan perhatian yang sama tanpa membeda-bedakan walaupun peserta didik memiliki bahasa, budaya, ras, dan suku yang beragam. Proses pembelajaran juga dilakukan dengan pembelajaran kooperatif dengan tujuan siswa bisa belajar dengan siswa lain, dan menerima pendapat siswa yang lain. Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dalam pembinaan menjunjung tinggi sikap saling menghargai di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan sudah terbina dengan baik. Sikap saling menghargai dengan memberikan kesempatan untuk beragama sesuai dengan keyakinan masing-masing tanpa saling menjatuhkan melainkan saling mendukung, memberikan ucapan selamat, saling bersalaman, sama-sama minta maaf apabila memperingati hari-hari besar keagamaan. Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dalam pembinaan keterbukaan dalam berfikir sudah terbina dengan baik melalui bebas mengeluarkan pendapat tanpa memandang perbedaan yang dimiliki guru, begitu juga dengan peserta didik. Keterbukaan dalam berpikir untuk terhindar dari menghina, mengejek, merendahkan, tidak menjauhi guru dan peserta didik yang non muslim.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Kurikulum PAI; Nilai Multikulutural |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 09:13 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 09:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2832 |
Actions (login required)
View Item |