Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lopian Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah

Tanjung, Rahmadi (2018) Peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lopian Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab orang tua dan masyarakat termasuk komite madrasah. Kerjasama secara sinergis diperlukan untuk menciptakan proses belajar yang kondusif dan menyenangkan. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu pendidikan di MIN lopian, peran yang dilakukan komite madrasah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN Lopian, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendididkan di MIN Lopian Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Informan penelitian adalah komite madrasah, wali kelas dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum. Adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan: 1. Peranan Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN Lopian, sebagai pemberi pertimbangan dalam setiap rencana dan program yang disusun oleh madrasah, sebagai pendukung penyelenggaraan dan peningkatan mutu pendidikan di MIN Lopian berupa dukungan finansial, tenaga, dan dukungan pikiran, sebagai pengontrol terhadap pengambilan keputusan dan perencanaan pendidikan di madrasah, serta sebagai mediator atau penghubung antara aspirasi orang tua dan masyarakat terhadap pihak MIN Lopian. 2. Mutu Pendidikan di MIN Lopian, dari segi input, siswa-siswi di MIN Lopian mempunyai motivasi dan dukungan untuk selalu meningkatkan diri dalam berprestasi sesuai dengan bakat dan kemampuannya, dibantu guru dan komite dan orang tua siswa, serta sarana dan prasarana yang memadai. Dari segi proses, guru di MIN Lopian menggunakan metode pengajaran yang bervariasi termasuk praktik ibadah setiap hari. Adapun dari segi output-nya, siswa MIN Lopian banyak memenangkan lomba baik bidang kademik maupun non akademik, serta lulusannya diterima di sekolah favorit, rajin melaksanakan shalat, disiplin dan berperilaku baik. 3. Faktor Pendukung Peranan Komite madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN Lopian yaitu, ada kesamaan visi antara madrasah dan komite madrasah, komunikasi dan koordinasi yang baik dan harmonis antara madrasah dengan komite madrasah yang sudah terjalin, adanya saling keterbukaan antara komite madrasah dengan madrasah, sehingga madrasah tidak merasa dicurigai, kerja sama yang baik yang telah terbina antara unsur-unsur di dalam sekolah dan unsur-unsur dalam masyarakat bersama anggota komite madrasah. Sedangkan faktor penghambat peran komite madrasah di MIN Lopian adalah sumber daya manusia, keterbatasan waktu dan koordinasi antar anggota komite madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Komite madrasah; Peningkatan mutu pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 29 Jun 2020 09:03
Last Modified: 29 Jun 2020 09:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item