Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pembelajaran fikih dalam hadis-hadis Rasulullah Saw: analisis terhadap Sunan Abi Daud Kitab at-Taharah

Nurjannah, Nurjannah (2017) Metode pembelajaran fikih dalam hadis-hadis Rasulullah Saw: analisis terhadap Sunan Abi Daud Kitab at-Taharah. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100121.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelajaran fikih sangat penting bagi umat Islam, karena membahas tatacara beribadah kepada Allah dan berinteraksi dengan sesama makhluk Allah. Untuk mengajarkan fikih tentunya dibutuhkan metode dan prinsip-prinsip penggunaan metode tersebut. Permasalahan yang sekarang dihadapi adalah bahwa dalam mengajarkan fikih, metode pembelajaran yang dilakukan guru monoton hanya dengan metode ceramah saja, sehingga peserta didik mera bosan dan jenuh. Guru Fikih terbaik adalah Rasulullah Saw, hal ini terbukti dengan berhasilnya beliau menyampaikan seluruh ajaran-ajaran Islam. Untuk itu, sangat perlu untuk menggali metode yang digunakan Rasulullah dalam mengajarkan fikih kepada sahabat-sahabatnya. Salah satu literature yang mencatat kegiatan mengajar Rasulullah Saw adalah buku Hadis karya Abu Daud dengan judul Sunan Abi Daud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Prinsip-prinsip Pembelajaran Fikih dalam Sunan Abi Daud Kitab at}-T}aharah. 2) Metode Pembelajaran Fikih dalam Sunan Abi Daud Kitab T}aharah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Jenis penelitian ini adalah kualitatif penelitian naskah dan model penelitian adalah deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini hadis-hadis Rasulullah Saw dalam Sunan Abi Daud Kitab Taharah. Sumber data primer adalah Sunan Abi Daud terbitan Dar al-Fajr li al-Turats-Kairo, 2009. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Prinsip Metode pembelajaran Fikih dalam hadis-hadis Rasulullah Saw pada kitab Sunan Abi Daud adalah prinsip aktivitas, prinsip azas motivasi, prinsip azas keperagaan, prinsip azas ketauladanan, prinsip azas pembiasaan, prinsip azas korelasi, dan prinsip azas minat dan perhatian. 2) Metode pembelajaran Fikih dalam hadis-hadis Rasulullah Saw pada kitab Sunan Abi Daud adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas, metode demonstrasi, dan metode targib dan tarhib.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Metode pembelajaran fikih; Sunan Abi Daud; Kitab Thaharah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 29 Jun 2020 08:35
Last Modified: 29 Jun 2020 08:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2826

Actions (login required)

View Item View Item