Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kurikulum mata pelajaran I’anah Ath-Thalibin di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah Gunung Selamat Kabupaten Labuhanbatu

Pakpahan, Nurhalimah (2018) Analisis kurikulum mata pelajaran I’anah Ath-Thalibin di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah Gunung Selamat Kabupaten Labuhanbatu. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian yang pengkajiannya tentang kurikulum mata pelajaran I’anah Ath-Thalibin yang sedang berlangsung di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah. Fokus penelitian ini adalah Analisis Kurikulum di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah Pada Mata Pelajaran I’anah Ath-Thalibin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kurikulum mata pelajaran I’anah Ath-Thalibin di Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah desa Gunung Selamat, Kabupaten Labuhanbatu. Untuk mengetahui materi/isi kurikulum mata pelajaran I’anah Ath-Thalibin di pondok pesantren Ath-Thohiriyyah maka saya langsung terjun ke lapangan. Metode penelitian ini adalah kombinasi antara studi kasus dan analisis isi (content analysis). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion). Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan kurikulum mata pelajaran I’anah Ath-Thalibin materi pelajaran tidak terlaksanakan dengan baik sesuai target masa pembelajaran yang di penuhi santri. Karena masih banyak tujuan-tujuan dari pembelajaran kitab I’anah Ath-Thalibin yang tidak tercapai dalam jangka pendek maupun jangka panjang, belum lagi penyelesaian materi yang tidak bisa di selesaikan sesuai pada target masa pembelajaran yang dimiliki santri, dan metode yang dilakukan pengajar tergolong klasik mengingat bagaimana monotonnya pembelajaran yang dijalani santri saat mempelajari materi-materi I’anah Ath-Thalibin karena keterbatasan prasarana yang dimiliki Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah. Terutama pada efesiensi evaluasi yang dipilih agar mendapatkan hasil dari perkembangan kemampuan santri dalam memahami materi yang sudah dipelajari. Rekonstruksi terhadap kurikulum pembelajaran untuk mengingkatkan pengajaran dalam berbagai bidang terutama dalam peembelajaran kitab I’anah Ath-Thalibin, dengan cara mengajak seluruh sivitas Pondok Pesantren Ath-Thahiriyah bersama-sama mengembangkan kurikulum khususnya kitab I’anah Ath-Thalibin sesuai dengan prinsif-prinsif pengembangan kurikulum, terutama berorientasi pada tujuan, efesiensi penggunaan waktu dan sumber belajar, kelanjutan, dan berorientasi pada mutu, sehingga ruang lingkup mata pelajaran I’anah Ath-Thalibin dapat dipahami, dan santri yang lulus dari pondok pesantren ini mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan pribadi dan menyampaikan pada masyarakat umum nantinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: I’anah Ath-Thalibin; Analisis kurikulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:11
Last Modified: 29 Jun 2020 07:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item