Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam eningkatkan minat dan hasil belajar akidah-akhlak siswa Kelas VIII MTs Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Nurazizah, Nurazizah (2017) Implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam eningkatkan minat dan hasil belajar akidah-akhlak siswa Kelas VIII MTs Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Akidah-Akhlak sangat penting untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan serta budi pekerti peserta didik. Untuk itu, minat dan hasil belajar siswa harus ditingkatkan dalam pelaksaan pembelajaran Akidah-Akhlak. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran everyone is a teacher here (setiap orang menjadi guru). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam peningkatan minat dan hasil belajar Akidah-Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis yang digunakan adalah eksperimental dengan model Kurt Lewin yaitu penelitian tindakan yang terdiri dalam empat komponen pokok yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan tahun ajaran 2016-2017 berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada mata pelajaran Akidah-Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal dilakukan dengan mengaktifkan siswa untuk membuat soal berdasarkan materi yang diberikan, kemudian dibagikan dengan mengacak soal dan meminta siswa bergantian menjawab soal yang diterima. Siswa lain diberikan kesempatan untuk menanggapi jawaban temannya. Dengan demikian minat siswa dalam pembelajaran meningkat. 2) Peningkatan minat belajar siswa melalui implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada mata pelajaran Akidah-Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Nata Minat positif mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama 52% dan 63% pada pertemuan kedua, mengalami kenaikan pada siklus II pada pertemuan pertama menjadi 75 % dan 80% pada pertemuan kedua. 3) Peningkatan basil belajar siswa melalui implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada mata pelajaran Akidah-Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal bahwa rata-rata nilai siswa pada siklus I pertemuan pertama 65 dan pada pertemuan kedua 75 meningkat menjadi rata-rata nilai 80 pada pertemuan pertama dan 86 pada pertemuan kedua. Dengan demikan hipotesis penelitian dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Strategi pembelajaran; everyone is a teacher here; akidah akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:07
Last Modified: 29 Jun 2020 07:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item