Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian pada Azdian Water Simangambat.

Hidayat, Muhammad (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian pada Azdian Water Simangambat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1440200116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan suatu usaha tidak hanya dilihat dari seberapa banyak konsumen yang diperoleh namun bagaimana mempertahankan konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya masyarakat di daerah Simangambat memilih dalam pembelian air minum isi ulang di Azdian Water Simangambat, sedangkan masih terdapat depot sejenis yang mempunyai kualitas yang bagus, harga yang lebih murah dibandingkan Azdian Water Simangambat dan tempatnya kawasan pasar, namun keputusan mereka tetap memilih dalam pembelian di Azdian Water Simangambat. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Ekonomi Syariah yaitu Manajemen Bisnis. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan peneliti adalah dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan keputusan konsumen, kualitas produk, harga, dan lokasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling incidental, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai Adjusted R square sebesar 90,7% menunjukkan variabel kualitas produk, harga dan lokasi, mempengaruhi keputusan konsumen dan sisanya 9,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung > ttabel (10,357 > 1,662). Variabel harga mempunyai pengaruh negatif terhadap keputusan konsumen dengan nilai (1,035 < 1,662). Variabel lokasi mempunyai pengaruh terhadap keputusan kosumen dengan nilai (4,320 > 1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa kualitas produk, harga dan lokasi, mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen dengan nilai Fhitung > Ftabel (298,319 > 2,15).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST. M.M dan Windari. S.E M.A
Keywords: Kualitas Produk.,Harga., Lokasi dan Keputusan Konsumen.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 09:17
Last Modified: 15 Jul 2020 03:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item