Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan prestasi belajar mahasiswa pendidikan agama islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

Islami, Mulia (2019) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa pendidikan agama islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengalaman individu sesuai interaksi dari lingkungan. Dalam hal ini untuk memperoleh suatu prestasi yang berkualitas, bisa diukur dari individu. Dalam pendidikan interaksi dengan lingkungan yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotorik. Setiap peserta didik memang tidak ada yang sama, terutama dengan profil lulusan sekolah sebelum memasuki perguruan tinggi, sehingga menyebabkan perbedaan dalam prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang dari sekolah dengan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang sekolah dengan madrasah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi. Peneliti mengambil sampel dengan acuan purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa pendidikan agama Islam-5 (lima) yang memiliki indeks prestasi berlatar belakang sekolah 10 mahasiswa dan madrasah sebanyak 10 mahasiswa untuk dijadikan sampel penelitian. Dalam penelitian ini, instrument pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan yang signifikan, hasilnya diperoleh dan nilai t = 0,1. Hasil analisis statistic menggunakan statistic inferensial memperlihatkan bahwa nilai t yang diperoleh dan hasil perhitungan (t hitung) lebih kecil dan pada nilai t ttabel) yang diperoleh dan tabel distribusi t (ttabel) dengan taraf signifikansi sebesan 5% (thitung ≤ ttabel). Jadi 0,1≤ 2,101 maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Prestasi belajar; Mahasiswa pendidikan agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 26 Jun 2020 08:33
Last Modified: 26 Jun 2020 08:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item