Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di Sekolah Ma’had Muhammadiyah Patani (Selatan Thailand)

Wateh, Miss Suraiya (2019) Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di Sekolah Ma’had Muhammadiyah Patani (Selatan Thailand). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk memahami bagaimana tingkat kecerdasan emosional siswa, dan Untuk mengetahui bagaimana peran Guru PAI dalam pengembangan Kecerdasan Emosional siswa di Ma’had Muhammadiyah Patani ( Selatan Thailand ) Jenis penelitian ini merupakan diskriptif kualitatif. Teknik mengempulan data mengunakan wawancara yang diajukan kepada 5 orang guru PAI. Teknik analisis data yang peroleh berupa keterangan atau uraian-uraian kalimat ( data kualitatif ) yang tidak berhubung dengan angka-angka. Hasil penelitian ini, dalam tingkat kecerdasan emosional siswa itu sangat rendah karena kecerdasan emosional yang terlehat pada siswa mampu dalam mengelola emosi dengan baik, peran guru pendidikan agama islam (PAI) dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di sekolah Ma’had Muhammadiyah sebagai pebimbing dalam setiap aspek kepada siswa seperti dalam keadaan siswa berlaku perilaku yang tidak sesuai maka paran guru itu terhadap siswa dengan mengadakan komunikasi khusus terhadap siswa. Supaya siswa berani dalam komunikasi mengenai masalah dan siswa itu berani dalam menyelesaikan masalah sendirinya. Dan apabila siswa tidak memhami tugas atau mata pembelajaran guru harus memberi penjelasan atau informasi tentang menbelajaran-Nya yang jelas, apabila siswa berlaku salah peran guru disitu harus memberi amarah yang baik tidak mengunakan emosi dalam berbicara dengan siswa. dan memberi motivasi kepada siswa apabila ada masalah dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Kecerdasan Emosional
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 26 Jun 2020 08:17
Last Modified: 26 Jun 2020 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2751

Actions (login required)

View Item View Item