Harahap, Indra Goesnadi (2019) Problematika pembelajaran baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakang oleh masih banyak ditemukan permasalahan-permasalahan yang menghambat siswa/siswi dalam membaca Al-Quran, baik dari segi makhorijul huruf dan tajwidnya, dan kurangnya minat dari siswa dalam membaca Al-Quran, alokasi waktu yang digunakan terlalu singkat, kurangnya perhatian orangtua kepada siswa, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran, dan sedikitnya jumlah guru Al-Quran sementara pembelajaran Al-Quran merupakan suatu pembelajaran yang membutuhkan waktu sehingga pemahaman peserta didik bisa dimantapkan secara keselujruhan. Berdasarkan latarbelakang di atas yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apa saja problematika dan upaya yang dilakukan terhadap problematika pembelajaran baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apa saja problematika pembelajaran baca Al-Quran dan apa upaya yang dilakukan terhadap problematika pembelajaran baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah pengetahuan serta wawasan mengenai problematika pembelajaran baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Problematika dalam pembelajaran membaca Al-Quran mencakup problematika yang berhubungan dengan latar belakang sista atau tingkat perkembangan dan pengetahuan peserta didik, problematika yang berhubungan dengan alokasi waktu dan sarana prasarana dan problematika yang berghungan dengan evaluasi Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan metode penelitian metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat gambaran keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni sesuai dengan konteks penelitian yang menggunakan tehknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problematika pembelajara baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan adalah latarbelakang siswa yang kurang berminat dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar Al-Quran, kurangnyta alokasi waktu yang terlalu singkat, kurangnya perhatian orangtua kepada siswa, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran, dan sedikitnya jumlah guru Al-Quran. Adapun upaya yang dilakukan yaitu mengaktifkan tutor sebaya, orangtua membimbing anak membaca Al-Quran dirumah, menambah metode pembelajaran supaya tidak membosankan bagi siswa saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | problematika; pembelajaran; Al-Quran |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 04:19 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 04:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2740 |
Actions (login required)
View Item |