Wahyuni, Seri (2019) Peningkatan kreativitas belajar siswa dalam operasi aljabar melalui penerapan model pembelajaran accelerated learning pada kelas VIII-D di MTs. Mardiyah Islamiyah Panyabungan 2. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 202 00051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam menjawab soalsoal yang diberikan oleh guru pada materi operasi aljabar. Siswa tidak memiliki pengetahuan dasar operasi aljabar yang memadai serta kreativitas yang kurang. Siswa kurang aktif, cenderung diam, tidak memiliki rasa ingin tahu yang besar, tidak memiliki keberanian untuk bertanya dan mengeluakan pendapat karena takut salah dan kurang mandiri dalam mengerjakan tugas dengan kemampuan sendiri cenderung menyontek tugas teman. Hal inilah yang menyebabkan kreativitas siswa selalu rendah. Upaya yang dilakukan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan di atas dengan menerapkan model pembelajaran Accelerated Learning. Dari latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Accelerated Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi operasi aljabar di kelas VIII-D MTs. Mardiyah Islamiyah Panyabungan 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan proses pengkajian melalui sistem siklus, Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah melelui tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa ada peningkatan kreativitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Accelerated Learning, setelah dilaksanakan tindakan diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas ada 7 siswa dari 34 siswa atau 18,42% dari total jumlah siswa. Hasil tes siklus I pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata siswa 64,06 dengan persentase ketuntasan kreativitas belajar siswa 35,29% yang menunjukkan siswa masih sangat kurang kreatif dan persentase penerapan model Accelerated Learning sebesar 53,25%, dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,53 dengan persentase ketuntasan kreativitas belajar siswa 52,94% yang menunjukkan siswa masih kurang kreatif dan persentase penerapan model Accelerated Learning sebesar 62,5%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata siswa 80,64 dengan persentase ketuntasan kreativitas 67,64% yang menunjukkan siswa cukup kreatif dan persentase penerapan model Accelerated Learning sebesar 70,75%, dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,94 dengan persentase ketuntasan kreativitas 85,29% yang menunjukkan siswa sudah sangat kreatif dalam mengikuti proses belajar mengajar dan persentase penerapan model Accelerated Learning sebesar 85% .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Accelerated Learning; Kreativitas |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 08:41 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 08:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2713 |
Actions (login required)
View Item |