Harahap, Puspita Yanthi (2019) Pengaruh penggunaan software microsoft math 4.0 terhadap visual thinking pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 202 00033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya visual thinking siswa dalam belajar matematika di kelas. Hal ini disebabkan karena dalam proses belajar mengajar matematika guru tidak menggunakan metode yang bervariasi dan tidak menggunakan media pembelajaran terutama pada materi persamaan kuadrat. Dengan menggunakan media pembelajaran seperti Microsoft Math 4.0 dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran pada materi persamaan kuadrat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Software Microsoft Math 4.0 terhadap visual thinking pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Software Microsoft Math 4.0 terhadap visual thinking pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Control Group Pretest Posttest Design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan yang berjumlah 252 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas X- MIA5 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X- MIA6 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan Software Microsoft Math 4.0 dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) yang berjumlah 8 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini dilakukan dengan uji chi kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10,7955 > 1,994, sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha, berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Software Microsoft Math 4.0 terhadap visual thinking pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Software microsoft math 4.0, Visual thinking, Persamaan kuadrat |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 08:32 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 08:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2711 |
Actions (login required)
View Item |