Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP N 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Siagian, Siti Fatimah Mahdalena (2019) Pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP N 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat disebabkan metode yang diguanakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika. Siswa hanya menggunakan teknik menghapal rumus yang sudah ada akan tetapi tidak dengan memahami konsep dalam penurunan rumus. Sehingga siswa sangat kesulitan ketika guru memberikan soal-soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sampai VII-5 SMP N 1 Sipirok yang berjumlah 155 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu 64 siswa. Sampel di kelas eksperimen (VII-3) yang diberi perlakuan 32 siswa dan kelas control (VII-4) yang tidak diberi perlakuan 32 siswa. Pengelolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 3,07 > ttabel = 1,999, maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh metode Mind Mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP N 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si. M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Metode Mind Mapping; Pemahaman Konsep; Bangun Datar Segiempat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:59
Last Modified: 10 Jul 2020 01:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item