Muliana, Listi (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk wardah : studi pada mahasiswi program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540200108.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena masih adanya konsumen atau mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang merasa kualitas yang diberikan produk kosmetik Wardah tidak bagus. Harga yang diberikan juga terbilang mahal. Produk yang memiliki citra merek yang baik cenderung akan lebih mudah diterima konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas produk, harga, citra merek dan sosial baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Ilmu Manajemen Pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian, kualitas produk, harga, citra merek dan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 86 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), uji hipotesis (uji t dan uji f), uji koefisien determinasi (R Square), uji analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (4,704 > 1,663), maka Ha1 diterima. Variabel harga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (2,542 > 1,663), maka Ha2 diterima . Variabel citra merek tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung < ttabel (1,503 < 1,663), maka Ha3 ditolak . Kemudian, variabel sosial terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (2,338 > 1,663), maka Ha4 diterima. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa kualitas produk, harga, citra merek dan sosial mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel (52,531 > 2,02), maka Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Produk; Harga; Citra Merek; Sosial; Keputusan Pembelian. |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 09:23 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 09:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2692 |
Actions (login required)
View Item |