Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Motivasi anak dalam mengikuti pengajian membaca al-qur’an di Desa Gunung Tua Tonga Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Sahlani, Sahlani (2019) Motivasi anak dalam mengikuti pengajian membaca al-qur’an di Desa Gunung Tua Tonga Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1530200063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak anak-anak yang memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti kegiatan pengajian membaca AlQur’an, dan mereka selalu berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, sementara pada umumnya anak-anak masih dalam masa bermain dan cenderung suka-suka dan berubah kemauannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana motivasi anak dalam mengikuti pengajian membaca Al-Qur’an, apa saja faktor penghambat anak dalam mengikuti pengajian membaca Al-Qur’an di Desa Gunung Tua Tonga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak dalam mengikuti kegiatan pengajian membaca Al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor yang menghambat anak dalam mengikuti pengajian membaca AL-Qur’an. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang Bimbingan Konseling Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teoro-teori yang berkaitan dengan motivasi anak, yaitu tentang motivasi mengikuti pengajian membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian-kejadian yang terjadi secara fakta. Informan dalam penelitian ini adalah anak yang berusia 6-12 tahun sebanyak 15 orang, orang tua anak yang mengikuti kegiatan pengajian membaca Al-Qur’an sebanyak 10 orang dan guru mengaji sebanyak 3 orang yang bertempat tinggal di Desa Gunung Tua Tonga Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa: motivasi anak dalam mengikuti kegiatan pengajian membaca Al-Qurán dikatakan baik, karna dilihat dari semangat yang kuat dari anak-anak, serta antusias anak yang sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan pengajian membaca Al-Qurán. Motivasi anak dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik, adapun faktor intrinsik atau dorongan dari dalam diri adalah kemauan diri sendiri, rasa ingin tahu anak, dan juga minat anak. Dorongan dari luar individu atau faktor ekstrinsik adalah faktor keluarga, teman sebaya, pujian, dan hadiah. Faktor penghambat yang sering dialami oleh anak dalam mengikuti pengajian membaca Al-Qur’an adalah bermain dengan teman-temannya dan menonton televise.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi; Pengajian; Membaca Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:20
Last Modified: 10 Jul 2020 08:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item