Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan daya ingat siswa terhadap operasi hitung perkalian melalui penggunaan jarimatika di kelas IV SD Negeri 156480 Sibabangun 4 Kab. Tapanuli Tengah

Yanti, Suci Rahma (2019) Peningkatan daya ingat siswa terhadap operasi hitung perkalian melalui penggunaan jarimatika di kelas IV SD Negeri 156480 Sibabangun 4 Kab. Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah daya ingat siswa terhadap operasi hitung perkalian matematika. Siswa kelas IV SD Negeri 156480 Sibabangun 4 kurang dalam mengingat perkalian sehingga tidak dapat menyelesaikan operasi hitung perkalian dengan baik, dikarenakan tidak mengulang pelajaran yang diberikan. Akibatnya siswa jadi malas dan jika ditanyakan kembali tentang materi pelajaran yang telah lalu siswa sudah lupa dan tidak ingat lagi. Hal ini menunjukkan daya ingat siswa di kelas IV SD Negeri 156480 Sibabangun 4 tergolong rendah. Yaitu dari 26 siswa yang ada didalam ruangan hanya 6 orang yang tergolong mempunyai ingatan yang baik. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan daya ingat siswa dalam operasi hitung perkalian di Kelas IV SD Negeri 156480 Sibabangun 4 Kab. Tapanuli Tengah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap operasi hitung perkalian di Kelas IV SD Negeri 156480 Sibabangun 4 Kab. Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap satu siklus terdiri dari 2x pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri 156480 Sibabangun 4 yang berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi siswa. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan ke-1 terdapat peningkatan daya ingat siswa yaitu dari nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 53,26 menjadi 61,53 kemudian pada pertemuan ke-2 terdapat peningkatan daya ingat siswa yaitu dari rata-rata siklus I pertemuan ke-1 sebesar 61,53 menjadi 70,96. Pada siklus II pertemuan ke-1 tetap mengalami peningkatan rata-rata yaitu dari nilai rata-rata siklus I pertemuan ke-2 sebesar 70,96 menjadi 79,23 dan pad pertemuan ke-2 nilai rta-rata semakin meningkat menjadi 83,26. Dengan kata lain persentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan 23,07% kemudian pada siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 38,46% meningkat menjadi 53,84%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 76,92% dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 84,16%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap operasi hitung perkalian di kelas IV SD Negeri 156480 Sibabangun 4

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: daya ingat; operasi hitung perkalian; jarimatika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 10 Jul 2020 12:38
Last Modified: 10 Jul 2020 12:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item