Artina, Santi (2019) Upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam SMP Negeri 2 Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini dapat dilihat dari waktu yang kurang relatif terbatas untuk mengajar atau membimbing siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dimana waktu yang digunakan adalah 2X40 Menit dalam satu minggu, sehingga mengakibatkan masih banyak siswa yang belum bisa mengaplikasikanapa yang diajarkan oleh guru Pendidikan Agama Islam seperti masih banyak siswa yang akhlaknya kurang baik dan kurangnya sopan santun, keterlambatan guru datang kesekolah.. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa upaya gurudalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam,apa faktor pendukung dan penghambatdalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apaupaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam ,apa faktor pendukung dan penghambatdalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode yang berusaha menggambarkan atau mendiskripsikan objek sesuai adanya. Penelitian deskriptif ini pada umumnya dilakukan untuk menggambarkan secara sistematis fakta objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen pengumpulan datayang terdiri dari observasi dan wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian inidiperoleh kesimpulan bahwa:upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam adalah:a.Sesuai visi misi SMP Negeri 2 Ranto Baek,b. mengembangkan profesi,c. membaca buku rujukan pendidikan agama Islam,d. menggunakan media dan metode yang bervariasi sesuai dengan materi. Faktor pendukung yang berasal dari dalam diri guru (internal) yaitu:1)Membaca buku rujukan Pendidikan Agama Islam.2) Menggunakan media dan metode yang bervariasi dan menyesuaian dengan materi.Faktor pendukung yang berasal dari luar diri guru(eksternal),yaitu:1)Tersedianya buku paket pelajaran.2)Tersedianya perpustakaan.Adapun faktor penghambat yang berasal dari dalam diri guru (internal) yaitu:1).Guru dalam menggunakan metode yang bervariasi masih sangat sulit membangkitkan motivasi siswa.2)Kurangnya kreativitas seorang guru. Faktor penghambat yang berasal dari luar diri guru (eksternal) yaitu:1)Pembagian jam belum merata pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.2)Kurangnya kemauan siswa.3)Faktor keluarga.4)Faktor kurangnya motivasi.5)Kurangnya media ataupun sarana pendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Upaya guru; Mutu pembelajaran pendidikan agama islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 04:51 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 04:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2647 |
Actions (login required)
View Item |