Siregar, Uswatun Hasanah (2019) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Silangkitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00132.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, perhatian dan konsentrasi belajar siswa yang kurang maksimal serta siswa sendiri yang kurang tertarik dalam belajar khususnya belajar pendidikan agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Silangkitang?, Apa saja upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?, Apa saja kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan mengolah dan mengambil kesimpulan dari data-data yang dikumpul dan diuji dengan teknik penjamin keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat dikategorikan kepada minat yang rendah, sedang dan tinggi. Tampaknya kecondongan siswa memiliki minat kategori sedang, hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memiliki rasa keingintahuan yang besar terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam. Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan memberikan motivasi, menggunakan media pembelajaran, menggunakan berbagai macam metode mengajar dan memberikan tugas kepada siswa. Kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa terdiri dari dua factor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal seperti: karakter siswa, siswa terlalu pasif dan daya serap siswa, factor eksternal seperti: sarana dan prasarana, orang tua, teman, lingkungan sekolah dan luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Minat Belajar; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 04:09 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 01:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2633 |
Actions (login required)
View Item |