Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Alat test dalam pembelajaran fiqih di kelas VII Mts di Yayasan Al-Mukhlisin Padang Lawas

Hasibuan, Fitri Rahmayani (2019) Alat test dalam pembelajaran fiqih di kelas VII Mts di Yayasan Al-Mukhlisin Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lokasi penelitian yaitu kurangnya pemahaman guru terhadap test yang dibuat untuk siswa. Hal ini disebabkan guru belum memahami bagaimana cara membuat test yang benar. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa saja alat test yang digunakan oleh guru kelas VII di Mts Yayasan Al-Mukhlisin Padang Lawas, bagaimana guru menvalidasi alat test yang digunakan pada pembelajaran fiqih di kelas VII Mts Yayasan Al-Mukhlisin Padang Lawas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan alat test lisan dan alat test tertulis yang digunakan oleh guru bidang studi fiqih di Mts Yayasan Al-Mukhlisin Padang Lawas, ingin mengetahui alat test yang digunakan dan ingin mengetahui validitas test. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Yayasan Al-Mukhlisin Padang Lawas Desa Galanggang Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas. Waktu penelitian ini dimulai pada Juni 2019 sampai bulan September 2019. Jenis metode dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulisan atau lisan dari orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, dukumentasi, dan wawancara. Kemudian teknik analisi data dalam penelitian ini adalah menurut Miles Himberman. Dari hasil penelitian yang diperoleh, akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa alat test yang digunakan di Mts Yayasan Al-Mukhlisin di kelas VII cukup bagus, hal ini ditandai dengan keaktifan siswa-siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar diruangan. Dimana materi pada soal-soal ujian diambil dari buku paket dan telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan SK, KD, tujuan pembelajaran jika dibandingkan dengan isi yang terkandung dalam test, SK, KD, dan tujuan pembelajaran sudah mencerminkan dalam test ujian semester tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran; pemahaman guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:31
Last Modified: 24 Jun 2020 03:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item View Item