Fratiwi, Anggi (2019) Penerapan metode demonstrasi melalui media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan makharijul huruf siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kurangnya kemampuan siswa dalam melafalkan huruf-huruf Al-Qur’an dengan makharijul huruf yang benar pada saat pembelajaran. Selain itu, siswa juga terlihat kurang memperhatikan pelafalan huruf-huruf yang hampir sama bunyinya tetapi beda cara pengucapannya. Penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode demonstrasi melalui media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan makharijul huruf pada siswa kelas VII di SMPN 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas secara kolaboratif bersama guru kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMPN 3 Padangsidimpuan yang berjumlah 23 siswa. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, maka digunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis datanya dengan analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi melalui media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan makharijul huruf. Peningkatan ini dapat dilihat dari pada pra siklus hanya 4 orang siswa yang fasih dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan makharijul huruf yang benar dan 17 orang siswa yang belum fasih dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan presentase 17,39% siswa yang tuntas dan 82,61% siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I pertemuan I meningakat sebanyak 7 orang dan yang belum fasih sebanyak 16 orang siswa dengan presentase 30,43% tuntas dan 69,57% tidak tuntas. Kemudian pada siklus I pertemuan II juga mengalami peningkatan 11 orang yang fasih dan yang kurang kurang fasih 12 orang. Dengan presentase ketuntasan yaitu sebesar 47,82% yang tuntas dan 52,18% yang tidak tuntas. Pada siklus II pertemuan III banyaknya siswa yang fasih dalam melafalkan huruf-huruf Asy-Syafatain dan Al-Khoisyum pada pertemuan III dengan makharijul huruf yang benar yaitu sebanyak 18 orang dan yang belum fasih hanya 5 orang dengan presentase ketuntasan sebesar 78,26% yang tuntas dan 21,74% yang tidak tuntas. Siklus II pertemuan IV terjadi peningkatan terhadap keterampilan makharijul huruf dapat dilihat berdasakan kemampuan siswa yang fasih membacakan surah Al-Fil dengan makharijul huruf yang benar sebanyak 20 orang dan yang kurang fasih hanya 3 orang dengan presentase ketuntasan yaitu 86,95% tuntas dan 13,05% yang tidak tuntas dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode demonstrasi; media audiovisual; keterampilan makharijul huruf |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 03:25 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 03:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2626 |
Actions (login required)
View Item |