Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual pada materi praktik muamalah di kelas IX MTsN 4 Tapanuli Selatan

Putri, Annisa (2019) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual pada materi praktik muamalah di kelas IX MTsN 4 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajara merupakan acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran dapat mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar. Akan tetapi , fakta yang ditemukan di sekolah ternyata guru masih memanfaatkan sumber dan media pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. oleh karena itu, peneliti mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajara berbasis kontekstual untuk membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri dengan memahami materi kemudian mengaitkannya dengan kehidupan nyata siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas RPP yang dikembangkan dalam pembelajaran fikih pada materi praktik muamalah berbasis kontekstual di MTsN 4 Tapanuli Selatan. Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model ADDIE. Populasi dalam penelian ini adalah siswa kelas IX MTs. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 MTsN 4 Tapanuli Selatan yang berjumlah 25 siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa RPP berbasis kontekstual valid dan parktis. Proses validasi RPP dilakukan sebanyak tiga kali yaitu validasi pertama mendapatkan persentase 94%, validasi kedua mendapatkan persentase 94% dan validasi ketiga mendapatkan persentase 81,81% dengan rata-rata persentase 92% dengan kategori “Sangat Valid” dan praktikalitas berdasarkan angket pengamatan guru dan respon siswa memperoleh persentase 88% dengan kategori “Praktis”. Dengan demikian RPP hasil pengembangan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran untuk siswa MTs kelas IX.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); materi praktik muamalah; pembelajaran berbasis kontekstual
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:08
Last Modified: 24 Jun 2020 03:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item