Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub terhadap motivasi belajar kitab kuning di pondok pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah

Lubis, Parhan Arapat (2016) Pengaruh pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub terhadap motivasi belajar kitab kuning di pondok pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pelaksanaan Musabaqah Qiraatul Kutub Terhadap Motivasi Belajar Kitab Kuning Di Pondok Pesantren al-Azhar Bi’ibadillah. Hal ini dilatarbelakangi dengan teori yang dikemukan para ahli, bahwa salah satu untuk menumbuhkan motivasi seseorang adalah dengan persaingan dan pemberian hadiah. Dengan pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub diharapkan para santri di Pondok Pesantren semakin termotivasi untuk belajar kitab kuning sebagai salah satu sumber kajian Islam. Namun demikian, masih banyak santri di Pondok psantren alAzhar bi’ibadillah yang tidak termotivasi untuk belajar kitab kuning dan tidak ikut serta dalam pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub tersebut. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub dan motivasi belajar kitab kuning di Pondok pesantren al-Azhar Bi’ibadillah, serta apakah terdapat pengaruh yang berarti antara pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub terhadap motivasi belajar kitab kuning di Pondok pesantren al-Azhar Bi’ibadillah. Sehubungan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran empiris tentang pelaksaanaan musabaqah qiraatul kutub, motivasi belajar kitab kuning di Pondok Pesantren al-Azhar Bi’ibadillah, dan pengaruh musabaqah qiraatul kutub terhada motivasi belajar kitab kuning di Pondok Pesantren al-Azhar Bi’ibadillah. Sesuai dengan analisis data yang digunakan, maka metode penelitian ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif deskriftif. Penelitian kuantitatif didasari oleh filsafat positivisme yang menekankan pada fenomena-fenomena objektif dan dikaji secara kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub tergolong baik dengan perolehan nilai sebesar 78,2%, motivasi belajar kitab kuning di Pondok Pesantren al-Azhar Bi’ibadillah tergolong tinggi dengan perolehan nilai 68,4%, dan terdapat pengaruh yang berarti antara pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub dengan motivasi belajar kitab kuning di Pondok Pesantren al-Azhar Bi’ibadillah. Hal ini berdasarkan perhitungan yang diperoleh nilai rxy = 0,606, kemudian dikonsultasikan dengan niali rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan dengan nilai sebesar 0,254. Oleh karenanya rxy = 0,606 > rtabel 0,254. Dan dari persamaan regresi linear sederhana diperoleh Y = 30,159 + 0,489 X serta dilakukan uji signifikansi yang dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai Fhitung = 33,644 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel sebesar 4,01 untuk interval kepercayaan 5%. Artinya terdapat pengaruh antara pelaksanaan musabaqah qiraatul kutub dengan motivasi belajar kitab kuning di Pondok Pesantren al-Azhar Bi’ibadillah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan agama Islam; musabaqah qiraatul kutub; pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 01:05
Last Modified: 09 Apr 2020 00:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item