Simatupang, Sakinah Putri (2019) Penerapan metode hafalan dan latihan melalui media kartu untuk meningkatkan keterampilan baca tulis qur’an siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00179.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran masih cenderung satu arah (ceramah) sehingga aktifitas dan keterampilan belajar siswa rendah dan cenderung pasif di dalam kelas, seharusnya pembelajaran tentang keterampilan Baca Tulis Qur’an dipraktekkan oleh guru agar siswa lebih tertarik dan lebih paham apa yang disampaikan oleh guru. Sebagaimana keterampilan Baca Tulis Qur’an siswakelas VIII-B SMP Negeri 1 Batang Angkola belum mencapai indikator atau nilai (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu perlu mengadakan pembaharuan dalam penggunaan metode dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran BTQ. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode hafalan dan latihan melalui media kartu dapat meningkatkan baca tulis Qur’an siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menghafalkan ayat suci Al-Qur’an siswa dengan penerapan metode hafalan dan latihan melalui media kartu di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Metodologi penelitian ini menggunakan PTK yaitu penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian sesuai yang diperoleh di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ini berupa tes tindakan dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa dengan penerapan metode hafalan dan latihan melalui media kartu diperoleh bahwa data terdapat peningkatan keterampilan Baca Tulis Qur’an siswa. Keterampilan membaca AlQur’an siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II melalui penerapan metode hafalan dan latihan melalui media kartu di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Batang Angkola, yaitu jika pada kondisi awal memiliki keterampilan yang cukup hanya 45% pada keterampilan membaca Al-Qur’an siklus I 71% dan siklus II 94,66%. Sedangkan persentase peningkatan kondi siawal 50% pada keterampilan menulis Al-Qur’an siklus I 64% dan siklus II 98%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode hafalan dan latihan; melalui media kartu; meningkatkan keterampilan; baca tulis Al-Qur’an. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 03:16 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 03:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2618 |
Actions (login required)
View Item |