Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode praktek berpasangan melalui media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan tajwid siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padangsidimpuan

Munthe, Tika Rahmayani (2019) Penerapan metode praktek berpasangan melalui media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan tajwid siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00171.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kegiatan belajar mengajar Baca Tulis Qur’an materi Tajwid di SMA N 8 Padangsidimpuan yang terlalu monoton dan kurang menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan kemampuan tajwid siswa di kelas tersebut rendah. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan belajar Tajwid siswa kelas XI MIA 3. Metode praktek berpasangan melalui media audiovisual peneliti pilih untuk meningkatkan kemampuan belajar Tajwid siswa kelas XI MIA 3 SMA N 8 Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan metode praktek berpasangan dapat meningkatkan kemampuan tajwid siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran empiris tentang penerapan metode praktek berpasangan melalui media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan tajwid siswa kelas XI MIA 3 SMA N 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 dengan jumlah 24 orang. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data tes lisan dan tulisan. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan metode praktek berpasangan melalui media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan tajwid siswa kelas XI MIA 3 SMA N 8 Padangsidimpuan. Kemampuan belajar tajwid siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 63,75% dan kemudian siklus II sebesar 85%. Dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dapat dikategorikan mampu. Dengan demikian terjadi peningkatan kemampuan tajwid siswa pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode praktek berpasangan; media audiovisual; tajwid
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:02
Last Modified: 24 Jun 2020 03:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item