Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media dakwah dikalangan mahasiswa fakultas dakwah IAIN Padangsidimpuan

Purba, Rahma fitri Asih (2019) Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media dakwah dikalangan mahasiswa fakultas dakwah IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 301 00004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media social instagram sebagai media dakwah dikalangan mahasiswa, bagaimana bentuk dakwah yang disebarkan mahasiswa dalam media social instagram, dan apa factor penghambat dalam pemanfaatan media social instagram sebagai media dakwah dikalangan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media social instagram sebagai media dakwah, untuk mengetahui bentuk dakwah yang disebarkan mahasiswa di media social instagram, dan untuk mengetahui factor penghambat dalam pemanfaatan media social instagram dikalangan mahasiswa. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik deskriptif, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa dalam pemanfaatan media sosial instagram mahasiswa lebih berperan sebagai objek dakwah yaitu lebih banyak menikmati kajian-kajian dakwah yang telah tersedia disuatu akun instagram.Mahasiswa berperan sebagai subjek dakwah, yaitu menciptakan kajian dakwah kemudian menyebarkan di akun instagram. Selain media dakwah, media social instagram juga dimanfaatkan sebagai media hiburan. Bentuk dakwah yang disebarkan yaitu gambar dan video dengan tulisan sebagai penjelas. Hambatan yang ditemukan dalam memanfaatkan media social instagram sebagai media dakwah yaitu kebutuhan kuota yang besar, serta kurangnya motivasi dari diri mahasiswa sendiri untuk memanfaatkan media social instagram sebagai media dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: dakwah; media sosial
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Jun 2020 08:47
Last Modified: 23 Jun 2020 08:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item