Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan pendidikan matematika realisti berbantuan media geogebra untuk meningkatkan pemahamn konsep siswa pada materi lingkaran kelas XI di pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir Desa Parsariran Tapanuli Selatan

Siregar, Evrida Yanti (2019) Penerapan pendekatan pendidikan matematika realisti berbantuan media geogebra untuk meningkatkan pemahamn konsep siswa pada materi lingkaran kelas XI di pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir Desa Parsariran Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa khususnya pada materi lingkaran. Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam proses pembelajaran, sistem pembelajaran yang digunakan di sekolah masih menggunakan metode konvensional dan kurang bervariasi dalam mengajar sehingga membuat siswa tidak termotivasi dan kurang aktif dalam belajar. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik berbantuan media Geogebra dapat meningkatkan pemahamn konsep siswa kelas XI di Pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir Desa Parsariran Tapanuli Selatan pada materi lingkaran? dan bagaimana proses pembelajaran pendekatan pendidikan matematika realisti berbantuan media Geogebra dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di Pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir Desa Parsariran Tapanuli Selatan?. Untuk Meningkatkan Pemahamn Konsep Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas XI Di Pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir Desa Parsariran Tapanuli Selatan berdasarkan rumusan masalah tersebut, dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa khususnya pada materi lingkaran melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Hopkins yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri atas empat langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima. yakni hasil belajar Matematika siswa meningkat melalui pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi lingkaran di Pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir Desa Parsariran Tapanuli Selatan. Pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata persentase hasil belajar Matematika siswa, pada Pra Siklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 18,75% ( 3 siswa), pada pertemuan ke-1 dan ke-2 persentase ketuntasan klasikal siswa secara berturut-turut sebesar 37,5% (6 siswa) dan 56,25% ( 9 siswa). Sedangkan pada Siklus 2 siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh hasil 81,25% (13 siswa). Persentase ketuntasan hasil belajar diatas telah mencapai  75% dari seluruh jumlah siswa sehingga penelitian ini dikatakan sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendekatan pendidikan matematika realistik; media geogebra; pemahaman konsep; lingkaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:51
Last Modified: 23 Jun 2020 07:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item