Lubis, Kholfiyah (2019) Pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar matematika siswa pokok bahasan lingkaran di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 202 00028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyak hal yang dapat menghambat kemampuan belajar siswa, bahkan sering terjadi kegagalan dalam proses belajar mengajar yang ditandai dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini dapat kita lihat dari nilai hasil belajar siswa yang kurang memuaskan, ini menunjukkan bahwa prestasi belajar yang diraih siswa jauh dari apa yang diharapkan itu dikarenakan banyak siswa yang memilih diam dalam proses pembelajaran sehingga banyak siswa yang kurang aktif dalam belajar karena pemahaman siswa terhadap materi pembelajan sangatlah kurang. Ketika diberikan soal-soal latihan siswa kesulitan menjawabnya. Dengan demikian peneliti meyakini bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian in apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP N 8 Padangsidimpuan? Sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP N 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Non Randomized Control Group Pre Test Post Test Design. Populasi dari penelitian ini seluruh kelas VIII SMP N 8 Padangsidimpuan, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) yang berjumlah 8 soal materi lingkaran. Data yang terdapat dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 3,917> ttabel = 2,019 , sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP N 8 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | think talk write; hasil belajar; lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 07:39 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 07:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2581 |
Actions (login required)
View Item |