Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Jamil, Abdul Rasyad (2019) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang kreatif. Untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa dilakukan tindakan berupa penerapan model pembelajaran teams games tournament yang diasumsikan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Siabu. Melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament diharapkan kegiatan pembelajaran akan lebih aktif dan bermakna bagi siswa sehingga pada akhirnya akan mampu memberikan dan meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planing), tindakan (action), pengamatan (observe), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Siabu yang terdiri dari 29 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams games tournament mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Siabu. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar pada setiap siklus tindakan. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 20,68% menjadi 37,93%. Kemudian pada siklus II, peningkatan terjadi dari 37,93% menjadi 75,86%. Adapun persentase yang diharapkan adalah 75%. Sedangkan persentase yang telah dicapai adalah 75,86%. Dengan demikian persentase yang diharapkan telah tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: hasil belajar; teams games tournament (TGT); fungsi komposisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:51
Last Modified: 23 Jun 2020 04:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item View Item