Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan metode ceramah dan metode diskusi pada bidang studi fikih di MTsN Muarasipongi

Saidi, Ahmad (2019) Pelaksanaan metode ceramah dan metode diskusi pada bidang studi fikih di MTsN Muarasipongi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0205.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, taqwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global. Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan metode ceramah dan metode diskusi pada biang studi fukih, kemudian untuk mengetahui hasil terhadap pelaksanaan metode ceramah dan metode diskusi pada bidang studi fiqih di MTsN Muarasipongi, dan kegunaan dari penelitian ini adalah salah satunya persyaratan untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan (S.Pd.) di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan Lokasi penelitian ini adalah berketepan di daerah tempat tinggal peneliti yaitu di salah satu kekolah yang bernaung dibawah Departemen Agama yaitu di MTsN Muarasipongi. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti selama kurang lebih dua bulan mulai dari bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2018 Penelitian ini adalah jenis penelitian Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat melihat adaanya perkembangan siswa di MTsN Muarasipongi yang ditandai dengan kemampuan siswa untuk mencerna secara cermat dan tepat, memahami dan melaksanakan materi yang telah disampaikan oleh guru dengan metode ceramah dan metode diskusi. Sedangkan indikasi-indikasi pemahaman siswa terhadap bidang studi Fikih di MTsN Muarasipongi sebagai berikut: Metode ceramah di MTsN Muarasipongi mampu meningkatkan daya tanggap siswa terhadap materi yang disimpulkan oleh guru. Metode diskusi di MTsN Muarasipongi mampu merangsang pola fikir siswa sehingga lebih kritis dan cakap dalam menanggapi sebuah maslah dalam berdiskusi. Siwa sudah mampu lebih kritis, banyak berargumen bertanya dan menyimpulkan setelah adanya pelaksanaan metode ceramah dan diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan Islam; metode; ceramah; diskusi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:22
Last Modified: 23 Jun 2020 04:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2563

Actions (login required)

View Item View Item