Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII di MTsN 2 Padangsidimpuan

Akmalia, Siti (2019) Pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII di MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih kurang. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika selama ini masih cenderung menggunakan metode konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan murid sebagai pendengar yang pasif. Oleh karena itu perlu mengubah model pembelajaran yang selama ini diterapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi lingkaran VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019-2020. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen (VIII-5) 25 siswa dan kelas kontrol (VIII-4) 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes esay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh dikelas sampel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil tes terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan nilai rata-rata post-test di kelas eksperimen 72,28 dan rata-rata di kelas kontrol 66. Pengujian uji-t diperoleh thitung > ttabel (9,728 > 2,013) maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran terhadap tipe Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran; jigsaw; kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:31
Last Modified: 23 Jun 2020 03:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item View Item