Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran cooperative learning tipe numbered heads together materi statistika untuk siswa VIII-B SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas

Lubis, Pebriyanti (2019) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran cooperative learning tipe numbered heads together materi statistika untuk siswa VIII-B SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Ketika peneliti melakukan wawancara dengan guru di SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas, diperoleh informasi bahwa hampir semua pokok bahasan Matematika sulit bagi siswa dan masih rendahnya hasil belajar Matematika siswa pada materi Statistika. Hal ini disebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dan beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit, dan proses pembelajaran yang dilakukan guru selama ini cenderung monoton. Kesulitan yang selalu dihadapi siswa pada pokok bahasan Statistika tidak mampu siswa menganalisis data, dan masih banyaknya siswa yang mencontek pekerjaan temannya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together pada pokok bahasan Statistika untuk siswa VIII-B SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dengan menggunakan metode siklus. Dalam hal ini, peneliti berfungsi sebagai guru. Instrument yang digunakan yakni tes yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan Statistika di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas, hal itu dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata kelas tes awal 66, 48, siswa tuntas 11 orang dan siswa tidak tuntas 16 orang. Pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh rata-rata kelas 74, 07, siswa tuntas sebanyak 15 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang. Pada siklus 1 pertemuan 2 diperoleh rata-rata kelas 75, 55, dengan siswa tuntas sebanyak 17 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh rata-rata kelas 80, dengan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dan siswa tidak tuntas 8 orang. Pada siklus 2 pertemuan 2 diperoleh rata-rata kelas 82, 96, dengan siswa tuntas sebanyak 23 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang. Berdasarkan hasil tindakan siklus 2 pertemuan 2 dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas pada pokok bahasan Statistika telah terjadi peningkatan hasil belajar ke arah yang positif, lebih baik dan telah mencapai hasil yang diharapkan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: numbered head together (NHT); hasil belajar; statistika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:23
Last Modified: 13 Jul 2020 08:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item View Item