Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode drill dengan teknik hitung trachtenberg untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat di kelas IV SDN 122 Sayur Maincat Kec. Hutabargot

Atiah, Ummu (2019) Penerapan metode drill dengan teknik hitung trachtenberg untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat di kelas IV SDN 122 Sayur Maincat Kec. Hutabargot. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah sistem pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode konvensional atau metode yang pembelajarannya monoton berpusat pada guru, siswa masih banyak yang kurang memperhatikan guru dalam menerangkan ataupun menjelaskan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan metode drill dengan teknik hitung trachtenberg pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat di kelas IV SDN 122 Sayur Maincat Kec. Hutabargot. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah kelas IV SDN 122 Sayur Maincat dengan jumlah siswa 30 orang. Kemudian instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes bentuk uraian sebanyak 5 butir soal dan di dukung oleh lembar observasi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model siklus. Dalam pelaksanaan penelitian yang dilakukan adalah sebanyak dua siklus. Dalam satu siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Adapun tahapan yang dilakukan dalam setiap siklus adalah tahap perencanaan (Planning), tindakan (Action), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflection). Berdasarkan hasil penelitian berupa observasi dan tes yang dilakukan diperoleh data bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi perkalian melalui penerapan metode drill dengan teknik hitung trachtenberg pada setiap siklusnya. Adapun hasil penelitian yang membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut: berdasarkan tes kemampuan awal yang diberikan diperoleh rata-rata kelas adalah 63,67 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 8 orang, dan persentase siswa yang tuntas dalam belajar adalah 27%, kemudian pada siklus I pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata kelas 71,5 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 13 orang dan persentase ketuntasan belajar 43,33%; pada siklus I pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 73,33 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 15 orang dan persentase katuntasan belajar 50%; pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 78,66 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 21 orang dengan persentase ketuntasan belajar 70%; pada siklus II pertemuan ke-2 diperoleh rata-rata kelas 80,16 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 25 orang dengan persentase ketuntasan belajar adalah 83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode drill; Teknik hitung trachtenberg; Hasil belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:58
Last Modified: 23 Jun 2020 02:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item