Siregar, Sry Bulan (2019) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian dan kasih sayang dari lingkungan keluarganya khususnya perhatian dari orang tua. Hal itu mengakibatkan siswa jadi malas untuk belajar, mengerjakan PR dan mengulang-ulang pelajaran di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kab. Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif ex-post facto. Penelitian ex-post facto secara harfiah berarti “sesudah fakta”, karena kausa atau sebab yang diselidiki tersebut sudah berpengaruh terhadap variabel lain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas yaitu 66 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu teknik pengambilan sampel bila populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: terdapat pengaruh signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Dimana nilai ratarata (mean) dari lingkungan keluarga sebesar 70,26 dan nilai rata-rata (mean) dari prestasi belajar sebesar 79,58. Pengujian uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (4,657 > 3,14), signifikansi <0,05 (0,021< 0,05). Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas sebesar 32%. Hal ini sesuai dengan teori Behavioristik atau aliran tingkah laku, belajar diartikan sebagai proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Belajar menurut psikologi Behavioristik adalah suatu kontrol instrumental yang berasal dari lingkungan. Belajar tidaknya seseorang bergantung pada faktorfaktor kondisional yang diberikan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | lingkungan keluarga; prestasi belajar matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 02:34 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 02:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2549 |
Actions (login required)
View Item |