Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Batahan Kabupaten Mandailing Natal

Yanti, Ardika Oktosa (2018) Pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah salah satu penyebab prestasi matematika siswa masih rendah adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang terdapat dalam matematika dan masih kurangnya disposisi matematika siswa dalam mengerjakan soal. Menggunakan model Think Talk Write memungkin seluruh siswa mengeluarkan ide-ide di belakang pemikirannya, membangun secara tepat untuk berpikir dan refleksi, mengorganisasi ide-ide, serta mengetes ide tersebut sebelum siswa diminta untuk menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa pada sistem persamaan linear tiga variabel si kelas X SMA N 1 Batahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekuivalen (untreated control group design with prestest anf postest). Populasi penelitian sebanyak 80 siswa. Sampel penelitian kelas X-1 bejumlah 25 siswa dan kelas X-2 berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) dan angket.data yang terdapat di analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji keasamaan varians dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t pemahaman konsep yang diperoleh yaitu thitung = 2,936 > ttabel = 2,021, sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha.. Hasil uji-t disposisi matematika menyatakan bahwa thitung = 5,0715 > ttabel = 2,060 dengan kata lain Ha diterima. Penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan model Think Talk Write terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: think talk write; pemahaman konsep; disposisi matematika; SPLTV
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:27
Last Modified: 23 Jun 2020 02:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item