Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya produksi terhadap penjualan pada PT Indika Energy Tbk

Batubara, Nila Rizki (2019) Pengaruh biaya produksi terhadap penjualan pada PT Indika Energy Tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00209.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Biaya produksi yang memadai diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan. Semakin besar biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan, semakin besar pula penjualan yang akan dicapai oleh perusahaan. Namun yang terjadi pada PT Indika Energy Tbk pada saat penggunaan biaya produksi pada tahun 2010, tahun 2012 dan tahun 2013 mengalami kenaikan akan tetapi penjualan perusahaan mengalami penurunan. Hal tersebut tidak sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa bila biaya produksi yang digunakan seminimal mungkin atau mengalami kenaikan, maka penjualan ataupun keuntungan yang diperoleh perusahaan akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi terhadap penjualan pada PT. Indika Energy Tbk periode 2009 sampai 2018. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu akuntansi manajemen yang membahas teori-teori yang berkaitan dengan penjualan dan juga membahas teori-teori tentang biaya produksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data laporan keuangan triwulan PT Indika Energy Tbk yang diakses melalui www.indikaenergy.co.id periode 2009 sampai dengan 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 40 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS versi 23 (Statistical Product and Service Solution). Secara keseluruhan hasil pengujian regresi diperoleh bahwa biaya produksi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan yang ditunjukkan dengan nilai > yaitu 4,378 > 1,685. Penelitian ini juga menunjukkan hasil perolehan nilai R square yang terbentuk sebesar 0,335. Artinya biaya produksi mampu mempengaruhi penjualan sebesar 33,5%, sedangkan sisanya sebesar 66,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: biaya produksi; penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 22 Jun 2020 09:03
Last Modified: 22 Jun 2020 09:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2538

Actions (login required)

View Item View Item