Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap penalaran matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar balok di kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan

Noor, Rizka Sofiah (2019) Pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap penalaran matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar balok di kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Kemampuan matematika siswa masih sebatas menyelesaikan soal yang sama persis dengan contoh yang ada di buku dan kesulitan menyelesaikan soal dengan pola yang berbeda sehingga nilai siswa kurang memuaskan. Penalaran matematis siswa sangat perlu untuk dikembangkan karena membantu pola pikir siswa dalam menentukan dan menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar balok dalam bentuk masalah kontekstual yang memuat poin-poin penalaran matematis. Untuk mengatasi kesulitan siswa dan mengembangkan penalaran matematis siswa diperlukan metode pembelajaran konstruktivisme terhadap penalaran matematis siswa agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan kemampuan penalaran matematis siswa juga ikut meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunanakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 124 orang. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII-1 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diberikan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstrukivisme sedangkan kelompok kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata kelas kontrol = 76,9, rata-rata kelas eksperimen= 78,5, dan uji t dengan nilai thitung= 2,56 › ttabel= 1,69. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap penalaran matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar balok di kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konstruktivisme; Penalaran matematis; Bangun ruang sisi datar balok
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:25
Last Modified: 23 Jun 2020 03:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item