Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan

Kholilah, Enni (2019) Pengaruh keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran sehingga selama proses pembelajaran sebagian siswa kurang memperhatikan materi yang dijelaskan guru. Dengan menggunakan keterampilan belajar dapat menarik perhatian peserta didik sehingga pembelajaran semakin terarah. Salah satu metode yang digunakan adalah keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, metode ini merupakan salah cara yang berguna untuk meningkatkan minat belajar Matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar Matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar Matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto, dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data yang digunakan analisis data deskriptif, korelasi product moment, koefisien determinasi, dan regresi linear sederhana. Dari hasil perhitungan menunjukkan skor , skor , sehingga: ̂ . Hal ini menunjukkan bahwa variabel Y dapat diramalkan dengan persamaan ̂ . Jika variabel X berskor 1 maka skor ̂ sebesar 38,561. Setelah dilakukan perhitungan untuk melihat pengaruh variabel X terhadap variabel Y diperoleh thitung sebesar 9,80 dan ttabel sebesar 1,699. Dengan demikian thitung>ttabel, yaitu 9,80>1,699, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar Matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Diskusi kelompok kecil; Minat belajar matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:31
Last Modified: 23 Jun 2020 03:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item