Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode demonstrasi pada materi pokok thaharah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii di SMP Negeri 1 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Agung Kaisar (2016) Penerapan metode demonstrasi pada materi pokok thaharah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii di SMP Negeri 1 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0170.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (794kB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah mengggunakan metode demonstrasi pada materi pokok thaharah di SMP Negeri 1 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah mengggunakan metode demonstrasi pada materi pokok thaharah di SMP Negeri 1 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang diguanakan adalan observasi, tes dan tindakan. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu data yang diperoleh untuk dikumpulkan langsung dilapangan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan metode demonstrasi pada materi pokok thaharah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Portibi pada mulanya dapat dinilai dengan cukup. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan hasil belajar siswa semakin meningkat pada meteri pokok thaharah yang membahas tentang tata cara berwudlu’ yang benar. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok thaharah dapat dilihat berdasarkan ketuntasan belajar siswa. Langakh awal pada prasiklus yang dilakukan oleh peneliti hasil belajar siswa mencapai 64,29. Pada tindakan siklus I meningkat menjadi 69,79, sedangkan pada tes tindakan siklus II mencapai 93,15. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada materi pokok thaharah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Portibi benar-benar memperoleh peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.dan Nahriyah Fata, S. Ag., M. Pd
Keywords: Thaharah; Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 07 Apr 2020 06:30
Last Modified: 31 Aug 2020 08:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item