Astuti, Tri (2018) Analisis pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian unioil pada UD. Putra Motor Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perusahaan yang ingin memenangkan persaingan atau tetap bertahan dalam pasar hendaknya menggunakan strategi yang baik dan tepat. Penerapan bauran pemasaran yang merupakan perangkat untuk mencapai sasaran perusahaan adalah salah satu strategi bagus untuk menghadapi persaingan, khususnya pada penerapan elemen produk yang merupakan kunci pokok strategi tersebut. Penerapan isi elemen produk yang perlu diperhatikan adalah keanekaraga, kualitas, desain, merek, kemasan, ukuran, dan pelayanan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah harga dan citra merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Unioil pada UD. Putra Motor Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga dan citra merek secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Unioil pada UD. Putra Motor Kabupaten Padang Lawas. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, citra merek dan keputusan pembelian serta bagianbagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan proram SPSS versi 22. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah pemakai dan penjual Unioil pada UD. Putra Motor Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 300 orang dan sampelnya sebanyak 75 orang.Teknik analisis data yaitu regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian yang diperoleh secara parsial terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Unioil dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,586 > 1,666).Untuk variabel citra merek juga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Unioildibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,541 > 1,666). Berdasarkan hasil secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (25,768 > 2,38), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian Unioil, dengan Koefisien determinasi, Nilai Adjusted sebesar 0,417 atau 41,7%, menunjukkan variabel harga dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 58,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | harga; citra merek; keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 06:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 09:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2503 |
Actions (login required)
View Item |